Jumat, 09 Desember 2016

Menggunakan Rumus Dasar MIC. Excel

Tutorial Cara Menggunakan Rumus-Rumus Pada Microsoft Excel.

Di  sini kita akan mempelajari beberapa rumus-rumus pada Excel yang sering Digunakan Seperti SUM, AVERAGE, MIN, MAX Dan Logika IF

1. Fungsi SUM
        Untuk Rumus SUM biasa di gunakan ketika ingin menjumlahkan Total keseluruhan secara cepat, jadi kita tidak perlu mengKLIK 1 per 1 sell yang yang ingin di Jumlahkan. Jadi lebih cepat dan tidak membuang tenaga


Cara penulisan Rumusnya =sum(blok nilai yang mau di jumlahkan) contohnya =sum(D4:I4) artinya kamu ingin menjumlahkan nilai yang berada di sell D4 sampai I4


2. Logika IF
     Untuk menggunakan rumus ini di gunakan untuk data yang mempunyai kondisi tertentu. di rumus ini menggunakan beberapa simbol seperti :
= Sama dengan
< Lebih kecil dari
> Lebih besar dari
<= Lebih kecil atau sama dengan
>= Lebih besar atau sama dengan
<> Tidak sama dengan


Dalam Penulisan rumus di atas adalah =IF(J4>=350,"Lulus","Tidak Lulus") yang artinya Jika Sel J4 lebih besar sama dengan 350 maka siswa itu Lulus jika kurang dari 350 maka siswa itu Tidak Lulus.

3. Average
     Untuk Rumus Ini digunakan Untuk Mencari nilai Rata-Rata dalam kumpulan Data nilai.

Cara penulisa rumusnya =average(blok nilai yang mau di cari rata-ratanya contoh =average(J4:J8)


4. Min
     Untuk rumus Min digunakan untuk mencari nilai terkecil dalam kumpulan data nilai.

Cara penulisan rumusnya =min(blok sell yang mau di cari nilai terkecilnya) contoh =min(J4:J8)


5. Max
   Untuk rumus Max digunakan untuk mencari nilai terbesar dalam kumpulan data Nilai

Cara penulisan rumusnya =max(blok sell yang mau dicari nilai terbesarnya) Conton =max(J4:J8)










Tidak ada komentar:

Posting Komentar